Senin, 02 April 2012

mengelompokan postingan di blog

Gmn sih biar artikel kita di blog bisa dikelompokan berdasarkan kategori tertentu , nah saya akan membahas cara mengelompokan postingan yang ada di blog dengan di tambahkan label.dengan mengelompokan artikel yang dibuat, akan  memudahkan kita dan juga pembaca untuk membaca arikel di blog kita, Untuk menambahkan label atau membuat label ini caranya cukup mudah, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat label ini.

Cara Membuat Label di Blogspot
yaitu melalui halaman Edit Posts, yaitu halaman yang menampilkan seluruh artikel yang pernah kita buat. Dari halaman ini kita bisa mengatur pemberian atau penghapusan label pada beberapa artikel sekaligus,Pertama klik menu desain, edit pos, kemudian centrang yang ingin di label, lalu pilih label action, setelah itu pilih new label seperti gambar di bawah ini :




kemudian akan mucul kotak dialog yang meminta menginputkan nama label yang baru, isi kolom dengan
sesuai keinginan mu.



melalui lembar editor, setiap kali membuat artikel baru kita bisa langsung menambahkan label pada artikel tersebut. Yaitu melalui kotak yang tersedia dibagian bawah editor Blogspot lalu pilih
show all kemudian tinggal di pilih deh mau di masukin ke label yang mana, lihat gambar dibawah ini :


Menempatkan Label di SideBar


Agar pengunjung bisa mengakses label tersebut, kita perlu menempatkan element label pada Layout Blog. Jika kamu belum mengetahui cara menempatkan element label di layout, berikut penjelasannya. Masuk kehalaman Template, lalu pada bagian sidebar (samping) klik pada link yang bertuliskan Add A Gadget




Lalu pada layar Add a Gadget pilih element Label, kemudian kita masuk ke menu configure label,Isikanlah Kotak Title dengan kata apapun yang diinginkan, misalnya kategori. Dan pilih jenis penyortiran yang diinginkan, apakah Alphabetically (berdasarkan Huruf) atau By Frequency (banyaknya artikel) lalu save.

Sampai disini label yang dibuat tadi sudah siap digunakan, kita bisa melihat hasilnya dengan cara mengklik link View Blog.

2 komentar:

Sarju mengatakan...

manstap gan
thx tutornya

Unknown mengatakan...

bagus makasi ya membantu sekali

Posting Komentar

silahkan berkomentar